Rahasia Menjalankan Gaya Hidup Sehat Dan Awet Muda

Berita Terbaru – Bagaimana mungkin Amerika Serikat menghabiskan uang paling banyak untuk perawatan kesehatan, namun masih memiliki salah satu harapan hidup terendah di antara semua negara maju? Mungkin kita di layanan kesehatan telah melihat semuanya salah, terlalu lama.

Gaya hidup sehat dan umur panjang
Peneliti dari Harvard T.H. Chan School of Public Health melakukan studi besar-besaran tentang dampak kebiasaan kesehatan terhadap harapan hidup, menggunakan data dari Nurses ’Health Study (NHS) dan Health Professionals Follow-up Study (HPFS) yang terkenal. Ini berarti bahwa mereka memiliki data tentang sejumlah besar orang dalam jangka waktu yang sangat lama. NHS melibatkan lebih dari 78.000 wanita dan mengikuti mereka dari 1980 hingga 2014. HPFS mencakup lebih dari 40.000 pria dan mengikuti mereka dari 1986 hingga 2014. Ini adalah lebih dari 120.000 peserta, 34 tahun data untuk wanita, dan 28 tahun data untuk pria. peneliti melihat data NHS dan HPFS tentang diet, aktivitas fisik, berat badan, merokok, dan konsumsi alkohol yang telah dikumpulkan dari kuesioner yang divalidasi secara teratur.

Apa sebenarnya gaya hidup sehat itu?
Kelima area ini dipilih karena penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa mereka memiliki dampak yang besar terhadap risiko kematian dini. Berikut adalah bagaimana kebiasaan sehat ini didefinisikan dan diukur:

-Diet sehat, yang dihitung dan dinilai berdasarkan laporan asupan makanan sehat seperti sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, lemak sehat, dan asam lemak omega-3, serta makanan tidak sehat seperti daging merah dan olahan, yang dimaniskan dengan gula minuman, lemak trans, dan natrium.

-Tingkat aktivitas fisik yang sehat, yang diukur setidaknya 30 menit per hari dari aktivitas sedang hingga berat setiap hari.

-Berat badan sehat, didefinisikan sebagai indeks massa tubuh (IMT) normal, yaitu antara 18,5 dan 24,9.

-Merokok, tidak ada jumlah yang sehat dari merokok. “Sehat” di sini berarti tidak pernah merokok.

-Asupan alkohol sedang, yang diukur antara 5 dan 15 gram per hari untuk wanita, dan 5 sampai 30 gram per hari untuk pria. Umumnya, satu minuman mengandung sekitar 14 gram alkohol murni. Itu berarti 12 ons bir biasa, 5 ons anggur, atau 1,5 ons alkohol sulingan.

Peneliti juga melihat data tentang usia, etnis, dan penggunaan obat, serta data perbandingan dari Survei Pemeriksaan Kesehatan dan Gizi Nasional dan Data Daring Luas untuk Penelitian Epidemiologi dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit.

Apakah gaya hidup sehat membuat perbedaan?
Ternyata, kebiasaan sehat membuat perbedaan besar. Menurut analisis ini, orang yang memenuhi kriteria untuk kelima kebiasaan menikmati hidup yang secara signifikan lebih lama daripada mereka yang tidak: 14 tahun untuk wanita dan 12 tahun untuk pria (jika mereka memiliki kebiasaan ini pada usia 50). Orang yang tidak memiliki kebiasaan ini jauh lebih mungkin meninggal secara prematur karena kanker atau penyakit kardiovaskular.

Peneliti studi juga menghitung harapan hidup dengan berapa banyak dari lima kebiasaan sehat yang dimiliki orang-orang ini. Hanya satu kebiasaan sehat (dan tidak peduli yang mana)… hanya satu… harapan hidup diperpanjang dua tahun pada pria dan wanita. Tidak mengherankan, semakin banyak kebiasaan sehat yang dimiliki seseorang, semakin lama umur mereka. Ini adalah salah satu situasi di mana saya berharap saya dapat mencetak ulang grafik mereka untuk Anda, karena mereka sangat keren. (Tetapi jika Anda sangat penasaran, artikelnya tersedia online, dan grafiknya ada di halaman 7. Lihat Grafik B, “Perkiraan harapan hidup pada usia 50 tahun menurut jumlah faktor risiko rendah”.)

Ini sangat besar. Dan, itu menegaskan penelitian serupa sebelumnya – banyak penelitian serupa sebelumnya. Sebuah studi tahun 2017 menggunakan data dari Health and Retirement Study menemukan bahwa orang berusia 50 tahun ke atas yang memiliki berat badan normal, tidak pernah merokok, dan minum alkohol dalam jumlah sedang, hidup rata-rata tujuh tahun lebih lama. Sebuah mega-analisis tahun 2012 dari 15 studi internasional yang melibatkan lebih dari 500.000 peserta menemukan bahwa lebih dari setengah kematian dini disebabkan oleh faktor gaya hidup yang tidak sehat seperti pola makan yang buruk, tidak aktif, obesitas, asupan alkohol yang berlebihan, dan merokok. Dan daftar penelitian pendukung terus berlanjut.

Seperti yang ditunjukkan oleh penulis studi ini, di AS kita cenderung menghabiskan uang secara aneh untuk mengembangkan obat-obatan mewah dan perawatan lain untuk penyakit, daripada berusaha mencegahnya. Ini adalah masalah besar. Para ahli telah menyarankan bahwa cara terbaik untuk membantu orang membuat pola makan sehat dan perubahan gaya hidup adalah pada skala besar, tingkat populasi, melalui upaya kesehatan masyarakat dan perubahan kebijakan. Kami telah membuat sedikit kemajuan dengan undang-undang tembakau dan lemak trans. Tentu saja, ada banyak penolakan dari industri besar tentang hal itu. Jika kita memiliki pedoman dan hukum yang membantu kita untuk hidup lebih sehat, perusahaan besar tidak akan menjual sebanyak mungkin makanan cepat saji, keripik, dan soda.

Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya !

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *